Menhub Budi: LRT Jabodebek Selesaikan Masalah Transportasi Perkotaan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan transportasi perkotaan.

Pembangunan LRT Jabodebek merupakan bagian dari perjuangan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan lalu lintas perkotaan dengan angkutan massal,” kata Budi Karya Sumadi dalam seminar online di Jakarta, Kamis (12/5).

Menhub menambahkan, terkait pembangunan LRT Jabodebek PT KAI, pemerintah akan memberikan dukungan perpajakan melalui penyertaan negara (PMN) dan juga melalui penjaminan negara untuk pinjaman sindikasi bank.

Penggunaan LRT dapat dicapai tidak hanya lebih cepat, tetapi juga dengan jadwal dan kenyamanan tertentu. Menhub khawatir masyarakat bisa beralih ke transportasi massal menggunakan LRT Jabodebek.

Menhub mencatat, wilayah Jabodetabek masih berkutat dengan masalah kemacetan lalu lintas yang penyebabnya eksplisit penggunaan kendaraan pribadi.

Dengan integrasi antarmoda yang baik diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menggunakan angkutan umum, sehingga minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum dapat meningkat,” Sumwersaide bisa”.

Alat transportasi alternatif

Sebelumnya, Presiden dan Direktur PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo memaparkan sejumlah manfaat bagi masyarakat dengan keberadaan LRT Jabodebek.

Manfaat proyek LRT ini bagi masyarakat adalah tersedianya alternatif moda angkutan massal yang lebih efisien dan modern.

Selain itu, LRT Jabodebek juga mendorong ketersediaan lapangan kerja baik selama konstruksi proyek maupun selama operasi. Kemudian meningkatkan kinerja jaringan transportasi, mengurangi kemacetan, emisi, konsumsi bahan bakar dan menghemat waktu perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.