Pengusaha Diharapkan Berkontribusi untuk Rehabilitasi Mangrove Nasional

Fatma Puspitasari, Koordinator Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengatakan peran dunia usaha sangat penting dalam pemulihan hutan mangrove nasional.

Inisiatif aktif tanggung jawab sosial dan lingkungan, khususnya dalam penanaman mangrove, merupakan kontribusi dari dunia usaha yang kami banggakan. Seperti yang kita ketahui bersama, Presiden Joko Widodo telah mengukuhkan target nasional pembersihan mangrove seluas 600.000 ha pada 2024,” kata Fatma di Jakarta, Minggu (5 Juni).

Untuk itu, dia mengapresiasi langkah yang dilakukan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara menanam mangrove untuk menggalakkan konservasi berkelanjutan di kawasan pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara sebagai bagian dari pelaksanaan Green Port Sholat. Cara.

Penanaman bibit mangrove Rhizopora Muncronata ini merupakan kelanjutan dari program Tahap II di hutan mangrove yang terletak di area Pier 2 dan Pier 3 Terminal Umum KCN dengan panjang 1.100 meter. Selain penanaman mangrove, KCN juga telah menanam 120 pohon Spathodea setinggi kurang lebih tujuh meter di area terdampak.

Presiden dan Direktur PT Karya Citra Nusantara Widodo Setiadi mengatakan, upaya pelestarian lestari yang sebelumnya dilakukan antara lain penanaman bibit mangrove Tahap I sepanjang 600 meter di tepi selatan areal public image 2017 PT Kdurten Terminal.

Ini tujuan kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga ‘green port’,” kata Widodo.

Nantinya akan dilakukan penanaman Tahap III di kawasan pelabuhan KCN Marunda, yang disesuaikan dengan desain yang tertuang dalam Port Master Plan (RIP). KCN juga memberikan bantuan kemanusiaan tunai senilai Rs139,5 juta kepada PMI Jakarta Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.