PIS Bentuk Satgas Amankan Kelancaran Distribusi BBM dan LPG Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Pertamina International Shipping (PIS) siap memantau dan menjaga kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri.

PIS telah membentuk satgas yang dipimpin tidak kurang dari 50 Perwira dan Pertiwi serta telah menyiapkan ratusan kapal untuk menjamin kelancaran ketersediaan energi nasional.

Seluruh pengurus PIS dan pemilik lahan siap menjalankan tugasnya sepanjang Ramadhan menjelang Idul Fitri. PIS juga memastikan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan petugas dan tanah air yang menjadi penanggap,” kata Pj Sekretaris Perusahaan MV22 (19tubun. ).

Sebanyak 282 kapal PIS dioperasikan untuk menjamin kelancaran distribusi energi dalam negeri. Dari jumlah tersebut, 199 kapal digunakan untuk mendistribusikan bensin dan bahan bakar penerbangan. Sedangkan 83 kapal lainnya digunakan untuk pendistribusian LPG, minyak mentah, minyak hitam, minyak mentah FSO, aspal dan lain-lain.

PIS juga memastikan pendistribusian BBM dan LPG terpantau secara rutin. Dimulai dengan memantau semua depo dalam hal kondisi penyimpanan, DOT, hari tutup dan lokasi serta kondisi kapal dan berkomunikasi dengan semua pihak terkait untuk memitigasi permintaan puncak di terminal dan sebelumnya.

Terkait kesiapan kapal, pemantauan digital dilakukan dengan aplikasi dan teknologi yang dibutuhkan PIS untuk mendeteksi perkembangan situasi, mengantisipasi kondisi darurat dan risiko lainnya yaitu Enhance Daily Position (EDTP Enhance).

Sebagai langkah ke depan, PIS juga telah menyiapkan kapal tambahan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan keamanan inventaris selama waktu gugus tugas, jika diperlukan.

Koordinasi akan terus dilakukan secara terpusat di Posko Satgas Pertamina dan secara mandiri dengan instansi pemerintah terkait mulai dari pejabat pelabuhan, petugas bea cukai dan perizinan lainnya hingga pelayaran triloseb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *