RI-Jepang Sepakat Kerja Sama Peningkatan SDM!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dari Presiden Asosiasi Jepang-Indonesia Fukuda Yasuo di Salon Room, Imperial Hotel, Tokyo, Jepang. Fukuda Yasuo adalah mantan Perdana Menteri Jepang.

Terima kasih telah meluangkan waktu di tengah jadwal yang sangat padat. Saya senang Yang Mulia sehat,” kata Fukuda Yasuo di awal panggilan, dikutip dari siaran pers dari Sekretariat Presiden, Rabu.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendampingi Jokowi mengatakan diskusi tersebut mencerminkan peran Indonesia di kancah internasional. Secara khusus, peran Indonesia sebagai pemegang kursi kepresidenan ASEAN tahun depan.

[Pertemuan] itu menimbulkan pertanyaan bahwa Indonesia akan memimpin ASEAN tahun depan dan Jepang akan memimpin G7,” kata Airlangga.

Pada pertemuan ini, Fukuda Yasuo membahas masalah kolaborasi sumber daya manusia (SDM). Disebutkan Universitas Darma Persada yang merupakan bagian dari kerjasama SDM Jepang-Indonesia. Sebelumnya, Fukuda Yasuo diingatkan akan keberadaan Universitas Darma Persada yang merupakan bagian dari kerjasama Departemen Sumber Daya Manusia Jepang dan Indonesia,” kata Airlangga.

Dalam kunjungannya ke Jepang, Jokowi juga menerima kunjungan kehormatan Ketua Liga Persahabatan Parlemen Jepang-Indonesia Nikai Toshihiro di lokasi yang sama. Kedua belah pihak membahas peran Jepang dan Indonesia di dunia internasional pada tahun depan.

Presiden menjelaskan kerjasama yang sudah terjalin lama dan mengangkat isu terkait tahun Indonesia menjadi ketua ASEAN dan Jepang akan menjadi ketua G7,” kata Airlangga.

Dijelaskannya, pada tahun 2023, Indonesia dan Jepang juga akan merayakan 65 tahun hubungan diplomatik dan 50 tahun hubungan ASEAN-Jepang di Jepang. Saat itu, visi untuk 50 tahun ke depan ASEAN dan Jepang akan dirilis.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Tentunya dengan Presiden Jokowi yang memimpin, kepentingan ekonomi masa depan dan kerja sama strategis akan menjadi penting di masa depan. Karena Jepang sejalan dengan apa yang disarankan oleh Kemitraan Strategis Indonesia mantan Perdana Menteri Shinzo Abe,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *